Kurikulum Pembelajaran
Kurikulum OBE PS-PBSI JPBS FKIP ULM
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PS-PBSI) di bawah Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni (JPBS), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) telah menerapkan Kurikulum Berbasis Capaian Pembelajaran atau Outcome-Based Education (OBE). Kurikulum ini dirancang untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan masyarakat, serta mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional. Profil lulusan dari kurikulum ini ialah pendidik pemula dan peneliti pemula.
Tujuan Kurikulum OBE:
- Meningkatkan kualitas lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
- Menghasilkan lulusan yang inovatif, kreatif, kritis, dan adaptif dalam menghadapi perkembangan zaman.
- Memastikan setiap lulusan memiliki keterampilan profesional sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi dan kebutuhan dunia kerja.
Struktur Kurikulum:
Kurikulum OBE PS-PBSI dirancang dengan pendekatan integratif yang menggabungkan teori dan praktik dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Mata kuliah disusun berdasarkan capaian pembelajaran yang mencakup empat kompetensi utama: kompetensi sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus. Empat keterampilan tersebut terbagi menjadi 11 CPL, sebagai berikut:
- CPL-1 (Sikap) Menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila dan manifestasi nilai Wasaka dalam kehidupan pribadi dan sosial.
- CPL-2 (Sikap) Menunjukkan sikap profesional, kreatif, dan inovatif dalam bidang pendidikan secara mandiri maupun kelompok.
- CPL-3 (Keterampilan Umum) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- CPL-4 (Keterampilan Umum) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
- CPL-5 (Keterampilan Khusus) Menganalisis bahasa dan karya sastra berdasarkan konsep dasar kebahasaan dan kesastraan Indonesia.
- CPL-6 (Keterampilan Khusus) Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia beragam genre teks.
- CPL-7 (Keterampilan Khusus) Mampu menyusun perangkat pembelajaran
bahasa dan sastra Indonesia. - CPL-8 (Pengetahuan) Menguasai konsep dasar kebahasaan, kesastraan, keterampilan berbahasa, literasi dasar, dan pendidikan.
- CPL-9 (Pengetahuan) Menguasai ragam genre dan teks multimoda.
- CPL-10 (Pengetahuan) Menguasai teori-teori belajar dan konsep pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
- CPL-11 (Pengetahuan) Menguasai dasar-dasar metodologi penelitian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
Fitur Utama:
- Pembelajaran Berbasis Proyek dan Penelitian: Melibatkan mahasiswa dalam proyek nyata dan penelitian mandiri untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif.
- Kegiatan Praktik Lapangan: Menyediakan pengalaman langsung dalam mengajar melalui program magang di sekolah-sekolah mitra (Asistensi Mengajar).
- Pembelajaran Inovatif dan Digital: Mengintegrasikan teknologi dan metode pembelajaran digital untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa dan hasil belajar.
Keunggulan Program:
- Kurikulum Fleksibel dan Adaptif: Kurikulum yang terus diperbarui sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kebutuhan pasar kerja.
- Dukungan Dosen Profesional: Dosen berpengalaman dan berkualifikasi tinggi yang siap membimbing mahasiswa.
- Fasilitas Lengkap dan Memadai: Laboratorium bahasa, perpustakaan, dan fasilitas penunjang lainnya untuk mendukung proses pembelajaran.
Penerapan Kurikulum OBE:
Dalam penerapan kurikulum ini, PS-PBSI menekankan pada keterlibatan aktif mahasiswa dalam proses belajar mengajar, evaluasi berbasis capaian pembelajaran, serta pengembangan soft skills yang relevan dengan dunia kerja. Berikut ini dokumen lengkap kurikulum OBE PS-PBSI Klik untuk melihat dok. kurikulum