Kunjungan dari PBI UMB

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Lambung Mangkurat (PBI ULM) kedatangan kunjungan tamu dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadaiyah Banjarmasin (PBI UMB). Kegiatan tersebut bertujuan untuk menjalin silaturahmi antarprogram studi dan merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman bersama (Memorandum of Understanding)  yang sebelumnya dilakukan di tingkat fakultas tanggal 4 Desember 2017. Kerja sama tersebut bertujuan untuk mendukung dan meningkatkan keberhasilan pelaksanaan pembangunan nasional di bidang pendidikan tinggi melalui kerja sama kelembagaan dalam lingkup pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta untuk memupuk dan meningkatkan hubungan kelembagaan antara kedua belah pihak dalam pelaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meilputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

foto bersama para dosen PBI UMB dan PBI ULM.

“Sebagai program studi baru, PBI UMB tentu memerlukan banyak masukan, arahan, dan kerja sama. Selain itu juga tujuan silaturahmi kami untuk memperkenalkan program studi kami yang bisa juga dikunjungi di laman http://umbjm.ac.id/,” kata Akhmad Syakir, M.Pd., selaku ketua program studi PBI UMB. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada hari Jumat, 3 Agustus 2018 di ruang baca PBI ULM pada pukul 08.00-11.00 WITA.

Adapun program kerja sama yang dimaksud dalam bentuk antara lain: program kembar (twinning program), program pertukaran (exchange program), program sisipan (sandwich program) dalam beberapa mata kuliah, pendampingan akreditasi, bantuan tenaga pengajar, pelatihan berbagai bidang keahlian, penelitian, penerjemahan, dan penerbitan bersama untuk jurnal atau publikasi ilmiah lainnya.

“Tentu ini adalah kegiatan yang sangat baik, guna menjalin silaturahmi antara kedua program studi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia ULM juga memerlukan banyak masukan demi kemajuan kami dalam mencapai visi prodi sekaligus sebagai langkah awal dalam kerja sama antarlembaga”, kata Dr. Zakiah Agus Kusasi, M.Pd. selaku ketua program studi PBI ULM.